Sabtu, 31 Oktober 2015

cara seting server & client aplikasi efaktur

0 komentar

cara Setting Server dan Client Aplikasi EFaktur

Dalam artikal saya akan mencoba menjelaskan tatacara setting aplikasi efaktur menjadi server dan client. Prasyarat yang dibutuhkan dan informasi yang perlu diketahui untuk menggunakan fitur Client – Server Aplikasi e-Faktur adalah sebagai berikut: 
  • .Diperlukan satu unit PC/Notebook yang bertindak sebagai server, Aplikasi e-Faktur harus selalu berjalan karena seluruh data yang direkam dan di-input oleh pengguna akan disimpan dalam database server ini. Aplikasi e-Faktur yang di-install di dalam komputer ini harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebagaimana proses registrasi kali pertama dilakukan.
  • .Diperlukan satu Unit atau lebih PC/Notebook yang digunakan sebagai client, Aplikasi e-Faktur yang di-install dalam komputer client tidak perlu melakukan registrasi, hanya perlu melakukan konfigurasi sebagaimana dijelaskan selanjutnya. Komputer client tersebut harus terhubung melalui jaringan baik melalui kabel jaringan (LAN) atau menggunakan jaringan nirkabel (wifi). Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada sub topik Konfigurasi Client PC.
  • .Diperlukan satu unit atau lebih alat penghubung jaringan yaitu switch, hub, atau wifi yang berfungsi untuk menghubungkan antar server dengan client.
  • Koneksi Internet baik menggunakan proxy ataupun langsung, koneksi internet dapat disusun sedemikian rupa sehingga seluruh server-client dapat terhubung dengan internet.
Yang perlu diperhatikan terhadap konfigurasi tersebut adalah sebagai berikut:
  • .Hanya PC sebagai server dan dengan user Administrator yang dapat melakukan upload faktur dan/atau membuat faktur.
  • .Seluruh PC Client hanya dapat melakukan perekaman dalam aplikasi faktur pajak elektronik, sedangkan approval atau upload faktur dan/atau pembuatan faktur elektronik (file pdf) hanya dapat dilakukan di PC Server dengan user Administrator.
Selain itu harus di ketahui juga berapa IP Address yang akan di jadi kan Server, cara mengecek IP address komputer ada di artikel ini
Cara Cek IP Address Komputer

Langkah selanjutnya setelah mengetahui IP Address komputer adalah Konfigurasi Server Aplikasi E Faktur

Jalankan aplikasi ETaxInvoice.exe
Lakukan koneksi ke database dengan memilih Lokal Database
setting server client efaktur
Login sebagai user Administrator
setting server client efaktur1
Buka Menu File àAdministrasi DB, akan tampil form Administrasi Database
setting server client efaktur2
Klik tombol Start Database sebagai Server, akan tampil form Konfigurasi Server
  • Isikan alamat IP Address atau Hostname PC Server
  • Isian Port secara default terisi 1527 (biarkan tanpa diubah)
  • Klik tombol OK, akan tampil konfirmasi untuk melakukan update aplikasi.
  • Klik tombol Yes untuk melanjutkan proses Start Database sebagai Server
setting server client efaktur3
Setelah update aplikasi selesai, pastikan memberi tanda √ di semua checkbox pada form Windows Security Alert yang muncul (proses ini merupakan izin aplikasi untuk dapat melalui firewall yang terpasang di Windows Anda). Kemudian klik tombol Allow Access.
setting server client efaktur4
Konfigurasi database sebagai server berhasil dilakukan

Jika sudah berhasil konfigurasi Server E Faktur maka langkah senjutnya adalah konfigurasi client Aplikasi E Faktur

Jalankan aplikasi ETaxInvoice.exe
Lakukan koneksi ke database server dengan memilih Network Database
setting server client efaktur5
  • Isikan Hostname/IP Server Database
  • Kolom isian Port secara default 1527 (biarkan tanpa diubah)
  • Kolom isian Nama Database secara default terisi ETaxInvoice. Ganti nama database apabila Database Server yang dipakai berbeda.
  • Klik tombol Connect, akan tampil konfirmasi untuk melakukan update aplikasi.
Apabila PC client tidak diberi akses internet, copy-paste kan aplikasi e-Faktur yang terbaru dari PC Server. Pastikan untuk menghapus folder db yang dalam folder Aplikasi di PC client.
setting server client efaktur6
Klik tombol Yes.
Setelah update aplikasi selesai, lakukan login aplikasi sebagai user.
setting server client efaktur7
Aplikasi client berhasil terkoneksi dengan Database Server

Troubleshooting

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila antara PC Client tidak bisa terhubung dengan PC Server :
a.Komunikasi data antara PC-A (server) dengan PC-B/PC-C (client) menggunakan port 1527 untuk berhubungan dengan database derby yang terpasang di PC-A. Pastikan firewall tidak memblokir port tersebut.
b.Alamat IP Address di perusahaan Anda dapat berbeda dengan IP Address di simulasi dalam dokumen ini, biasanya pastikan PC Server dapat terhubung dengan PC Client melalui jaringan.
c.Aplikasi e-Faktur untuk Client akan tidak dapat berjalan (tidak muncul login Form-nya) ketika komunikasi antara Server-Client tidak dapat terjadi, berikut ini penyebab error yang mungkin dapat terjadi:
1) Aplikasi e-Faktur pada PC Server belum berjalan atau belum dijalankan sebagai server atau tidak berhasil dijalankan sebagai server dan pesan berhasil seperti tergambar di halaman 7 tidak ada.
Solusi:
Matikan aplikasi, dan ulangi proses konfigurasi aplikasi untuk dijalan sebagai server database.
2) Firewall di antara server dan client menutup aplikasi atau port yang dibutuhkan
Solusi:
Buka Aplikasi Windows Firewall dari Control Panel, pilih Allow a program or feature through Windows Firewall , tekan tombol Change Settings dan tekan Allow another program, setelah itu tekan tombol browse arahkan ke Folder dimana File ETaxInvoice.exe berada.
3) Jaringan yang tidak memungkinkan server dan client terhubung. Pada beberapa perusahaaan jaringan yang disusun sedemikian rupa sehingga komunikasi tidak memungkinkan terjadi. Sebagai contoh: Pada PC-A (server) dan PC-B (client) berada di departemen Accounting dengan alamat IP Address 10.9.10.1 (PC-A) dan 10.9.10.2 (PC-B), sedangkan PC-C dengan alamat IP Address 10.5.10.1 berada di departemen Sales. Yang dapat terjadi adalah Aplikasi dapat berjalan dengan baik di PC-B, sebaliknya Aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik di PC-C. (Perhatikan IP Address yang hurufnya ditebalkan,yang berbeda adalah angka belakang sendiri sementara yang lain sama yaitu 10.9.10.XXX). Ini Syarat Mutlak yang harus terpenuhi agar Server Client Aplikasi Efaktur dapat terkoneksi
d.Aplikasi EFaktur di Client telah berhasil terkoneksi akan tetapi setelah login aplikasi EFaktur di client tidak tampil (ngehang). Apabila terjadi hal tersebut mohon periksa aplikasi EFaktur yang dijalankan di Server. Apabila aplikasi Server terlogout sendiri, hal ini dikarenakan alokasi memori maksimal yang disediakan untuk aplikasi EFaktur kurang. Lakukan konfigurasi maksimum memori untuk aplikasi EFaktur dengan menjalankan memo_config.bat yang disertakan di folder aplikas

Leave a Reply

Followers